Pages

Wednesday, May 22, 2013

        Ada beberapa manfaat dari pupuk kompos yaitu :
  •  Meningkatkan aktivitas mikroba. Kompos mengandung bermilyar mikroorganisme. Semakin banyak aktivitas mikroba di dalam tanah, akar tanaman semakin mudah mendapatkan zat pakan (nutrien). 
  • Mengembangkan struktur tanah. Meskipun jenis tanah adalah tanah liat atau bercampur pasir, penambahan kompos akan menguntungkan struktur tanah tersebut. Kompos akan mengikat partikel tanah liat dan membantu untuk “membuka” tanah. Kompos mengisi ruang antara pasir dan membantu tanah menahan air. 
  • Mengembangkan kimia tanah. Kondisi tanah dapat bervariasi dari yang sangat basa hingga sangat asam sehingga nutrien menjadi berlebih atau kurang. Kompos membantu menetralkan kimia tanah dengan melunakkan ekstremitas ini. Pengkomposan materi akan mengikat mikronutrien seperti besi, tembaga, mangan dan seng, dan meningkatkan ketersediaannya. 
  • Cacing tanah menyukai. Pengkomposan material akan menyedia-kan makanan untuk cacing tanah dan mendorong mereka untuk memperba-nyak diri. Cacing tanah membuat liang sehingga memudahkan udara memasuki tanah dan “casting”nya merupakan sumber nutrien yang sangat bernilai dan membantu mempertahankan air. 
  • Keuntungan lain. Tanaman yang tumbuh pada tanah yang berkompos, cenderung lebih sehat, tahan penyakit, lebih tahan hama, memperlihatkan toleransi kekeringan dan membutuhkan lebih sedikit ai

No comments:

Post a Comment